PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD NEGERI 11 Kota Bengkulu)
Main Authors: | Barizah, Baniah, Johanes, Sapri, Alexon, Alexon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18227/1/TESIS%20BANIAH%20BARIZAH%20PDF.pdf http://repository.unib.ac.id/18227/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dipadukan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas PTK, kelas eksperimen, dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar yang diberikan kepada siswa untuk mendapat jawaban dari siswa dalam bentuk tes lisan, tulisan, atau perbuatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu; (2) Metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu; (3) Metode role playing untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Data Analisis dengan menggunakan nilai rata-rata, ketuntasan belajar secara klasikal, dan analisis uji hipotesis. Kata Kunci: Metode Pembelajatan, Role Playing, Aktivitas Belajar, Keterampilan Berbicara