ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN KOPI BUBUK RANTAU DI KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA
Main Authors: | Sandy, M. Ilwanda, Satria, Putra Utama, Reswita, Reswita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18218/1/SKRIPSI%20M.%20ILWANDA%20SANDY%20E1D013147.pdf http://repository.unib.ac.id/18218/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara pada bulan Maret 2018 hingga April 2018 dengan metode survei melalui wawancara responden menggunakan kuisioner dengan total responden adalah 96 orang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen, menganalisis hubungan tingkat kepentingan dan kinerja, menganilisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen kopi bubuk RANTAU di kecamatan Argamakmur kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini dilakukan di pasar purwodadi, warung penyeduh kopi RANTAU, dan rumah tangga yang ada di kecamatan Argamakmur. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif untuk menganalisis tujuan pertama, Importance and Performance analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis tujuan kedua dan ketiga kemudian analisis switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand buyer dan commited buyer menggunakan piramida loyalitas digunakan untuk menganalisis tingkat loyalitas. Berdasarkan hasil dari metode deskripsi untuk menganlisis sikap dan perilaku konsumen disimpulkan bahwa frekuensi pembelian rata-rata kopi bubuk RANTAU adalah 3 kali sehari dan jumlah pembelian terakhir rata-rata 0,25 kg. Konsumen sering membeli kopi bubuk RANTAU digunakan sebagai minuman pagi dan penambah stamina untuk beraktifitas setiap harinya, dari sikap konsumen bersedia kembali untuk mengkonsumsi kopi RANTAU dan merasa puas akan kopi tersebut. Hasil perhitungan Importance and Performance analysis (IPA) diperoleh menggunakan diagram kartesius dengan empat kuadran dalam diagram. Hasil penghitungan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai kepuasan pelanggan 66% yang berarti bahwa konsumen puas dengan produk kopi bubuk RANTAU. Responden yang dikategorikan sebagai switcher buyer adalah 34%. Jumlah responden itu membeli kopi bubuk RANTAU sebagai habitual buyer adalah 70%. Responden yang masuk kategori satisfied buyer adalah 85%. Jumlah responden yang dikategorikan liking the brand buyer adalah 86%. Konsumen yang dikategorikan sebagai commited buyer adalah 66%. Kata kunci: kopi bubuk RANTAU, IPA, CSI, kepuasan, loyalitas