PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Main Authors: PURWANTIKA, FITRI, Nurul, Astuty Yensy, Fachruddin, Fachruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18215/1/SKRIPSI%20FITRI%20PURWANTIKA.pdf
http://repository.unib.ac.id/18215/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini pertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pembelajaran ekspositori di SMP 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 17 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive sehingga diperoleh kelas VII F sebagai kelas ekperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan VII E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori serta kelas VII D sebagai kelas uji coba. Hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen dengan 31 siswa memperoleh rata-rata 51,42 dan varians 273,82. Sedangkan kelas kontrol dengan 29 siswa memperoleh rata-rata 42,16 dan varians 401,04. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar dan ttabel = 1,699. Sehingga thitung < ttabel maka t berada pada daerah Ho diterima dan H1 ditolak. Demikian juga nilai p-value > = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih dari rata-rata pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran ekspositori di SMP N 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Ekspositori