KOMPARASI PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMEN ROTI KACANG CAP RAJAWALI DAN CAP HJ.ELIYA LUBIS DI KOTA TEBING TINGGI, SUMATERA UTARA

Main Authors: Panjaitan, Efraim Bagaskoro, Basuki, Sigit Priyono, Ellys, Yuliarti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18186/1/SKRIPSI%20FULL%20SIAP%20DI%20SCAN.pdf
http://repository.unib.ac.id/18186/
Daftar Isi:
  • Di Indonesia terdapat berbagai jenis kacang-kacangan, yang salah satunya adalah kacang hijau. Kacang hijau (Vigna radiata L.) merupakan tanaman kacang-kacangan ketiga yang banyak dibudidayakan setelah kedelai dan kacang tanah. Melimpahnya hasil pertanian kacang hijau membuat banyaknya usaha-usaha agroindustri produk olahan roti kacang hijau yang juga membantu meningkatkan keragaman olahan kacang hijau. Agroindustri berperan dalam pemasaran dan pengolahan produk pertanian untuk mengolah produk kacang menjadi sesuatu produk baru yang bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dan daya tahan produk. Hasil olahan produk kacang oleh agroindustri ini adalah roti kacang. Roti kacang diproduksi oleh salah satu wilayah di Sumatera Utara yang sedang berkembang saat ini yaitu Kota Tebing Tinggi. Banyaknya roti kacang yang tersebar dengan berbagai merek di sekitar Kota Tebing Tinggi membuat produsen perlu meningkatkan kualitas dari setiap produknya agar dapat menarik perhatian para konsumen. Persaingan antara roti kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis membuat persaingan antar produk cukup tinggi dimana produk roti kacang Cap Hj.Eliya Lubis tergolong pesaing baru. Walaupun baru namun produk roti kacang Cap Hj.Eliya Lubis dapat menyaingi produk roti kacang yang lain dimana pelanggan roti kacang Cap Hj.Eliya Lubis sudah tergolong cukup banyak serta mampu menyaingi produk Cap Rajawali dimana roti kacang Cap Rajawali sudah ada dan cukup terkenal. Produk Cap Rajawali sudah cukup lama dan telah mendapat brand di pasar makanan kas Kota Tebing Tinggi. Tujuan Penelitain ini adalah Untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap roti kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis, Untuk menganalisis perbandingan persepsi konsumen roti kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis, menganalisis sikap dan perilaku konsumen terhadap pembelian roti Kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret– April 2018 di Industri Roti Kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis di Kota Tebing Tinggi, yang dipilih secara sengaja (purposiv) di lokasi usaha roti kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis. Responden pada penelitian ini ditentukan dengan menggunkan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Metode analisis data untuk melihat persepsi, perbandingan perspsi dan perilaku konsumen roti kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis dengan analisis deskriptif, Analisis Fishbein, dan Analisis Uji beda. Hasil analisis didapat hasil persepsi konsumen terhadap seluruh atribut roti kacang Cap Rajawali dan Cap Hj.Eliya Lubis, keseluruhannya berkategori baik. Perbandingan persepsi konsumen dengan analisis uji Z pada dua merek roti kacang didapat hasil Zhitun (0,056) dan Z-tabel (1,96) sehingga nilai Z-hitung ≤ Z-tabel artinya bahwa tidak ada perbedaan persepsi yang nyata (tidak berbeda nyata). Dan hasil analisis didapat hasil perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh dua faktor yang mempengaruhi yaitu sikap total konsumen (A b ) dan norma subjektif (SN). Berdasarkan hasil analisis fishbein secara keseluruhan nilai sikap total konsumen (A b ) > 0 atau bersifat positif, untuk roti kacang Cap Rajawali sebesar 14,568 dan untuk Cap Hj.Eliya Lubis sebesar 13,500 yang terdiri dari delapan atribut antara lain: rasa, tekstur, aroma, ukuran, harga, merek, label halal, desain kemasan dan seluruh atribut bernilai positif. Sedangkan nilai norma sebjektif (SN) dari kedua merek roti kacang Cap Rajawali dengan nilai 1,45 dan Cap Hj.Eliya Lubis dengan nilai 0,33 dengan kategori menyarankan. Sehingga didapat nilai perilaku (B) pada kedua produk roti kacang Cap Rajawali sebesar 9,32, dan roti kacang Cap Hj.Eliya Lubis sebesar 7,99, (B > 0) dengan artian sikap konsumen kedua merek roti kacang berkategori positif atau baik pada atribut kedua merek roti kacang dan bersifat loyal. Kata kunci: Roti Kacang, Persepsi, Perilaku konsumen, Likert, Fishbein, Uji Beda