ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PANTIES PIZZA DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Vamisiaz, Azelika, Basuki, Sigit Priyono, Agus, Purwoko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18167/1/SKRIPSI%20AZELIKA%20VAMISIAZ.pdf http://repository.unib.ac.id/18167/ |
Daftar Isi:
- Indonesia memiliki ribuan jenis makanan tradisional dan makanan cepat saji dari setiap budaya. Gaya hidup masyarakat Indonesia yang dinamis, mempengaruhi pola konsumsi pangan yang memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan di luar rumah. Banyak orang memilih makanan cepat saji yang merupakan agroindustri makanan karena lebih praktis dimakan diluar rumah. Melihat kebiasaan masyarakat saat ini, banyak restoran yang memiliki konsep makanan siap saji atau fast food. Perubahan gaya hidup masyarakat Kota Bengkulu menjadi salah satu penyebab pertumbuhan restoran yang semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh semakin terbatasnya waktu untuk mengolah makanan sendiri. Pizza adalah sejenis roti bundar yang dipanggang dalam oven yang dilapisi dengan saus tomat dan keju mozarella. Pebisnis mulai menggunakan pizza sebagai peluang bisnis, salah satu bisnis pizza ada di Kota Bengkulu yaitu Panties Pizza. Panties pizza merupakan jenis pizza lipat atau Calzone yang berbentuk setengah lingkaran dengan menggunakan isian bervariasi seperti keju, sosis, daging, dan cokelat. Teksturnya renyah dan lembut di bagian dalam. Kemudian dengan mempelajari sikap dalam mempengaruhi oleh pembelian konsumen maka dapat memprediksi perilaku konsumen di masa depan. Jika produk dan layanan yang ditawarkan Panties Pizza sesuai dengan harapan konsumen maka konsumen akan merasa puas dan konsumen akan melakukan pembelian ulang karena adanya kepercayaan terhadap restoran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen terhadap Panties Pizza di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 April-1 Mei 2018 di Panties Pizza di Jalan S.Parman No.98 Kelurahan Padang Jati Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu yang dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa tersedianya Panties Pizza yang menjadi objek penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Accidental Sampling yaitu sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk melihat sikap dan perilaku konsumen terhadap Panties Pizza dengan menggunakan analisis deskriptif, skala likert, dan analisis multi atribut fishbein. Konsumen Panties Pizza memiliki sikap yang positif terhadap atribut-atribut yang ada didalam Panties Pizza. Adapun atribut-atribut yang ada didalamnya yaitu rasa, harga, tampilan panties pizza, aroma, pelayanan, tata ruangan, dan tempat atau lokasi penjualan. Nilai total sikap konsumen yaitu sebesar 4,63 berarti positif, karena konsumen setuju dengan atribut-atribut yang ada didalamnya. Sedangkan nilai untuk perilaku konsumen adalah sebesar 2,98 hal ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen positif terhadap Panties Pizza. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu sikap konsumen dan norma subjektif, didalam norma subjektif terdapat keyakinan normatif dan motivasi, didalam keyakinan normatif dan motivasi terdapat atribut didalamnya yaitu keluarga, teman, dan orang lain (promosi). Hasil yang positif tersebut menunjukkan bahwa perilaku konsumen terhadap Panties Pizza adalah loyal. Hal ini berarti, konsumen akan datang membeli dan mengkonsumsi lagi Panties Pizza, dimana antara sikap dan perilakunya terdapat konsistensi. Kata Kunci : Panties Pizza, Sikap, Perilaku Konsumen, likert, Fishbein