ANALISIS PSIKOLOGI WAKTU TUNGGU PELAYANAN DOKTER DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BENGKULU
Main Authors: | Fazirin, Meidi, Muhartini, Salim, Ferry, Tema Atmaja |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18109/1/TESIS%20PDF-dikonversi.pdf http://repository.unib.ac.id/18109/ |
Daftar Isi:
- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu merupakan Rumah Sakit yang baru empat tahun berdiri. Sebagai Rumah Sakit yang baru, RSUD Kota Bengkulu harus terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih maksimal salah satunya dengan memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip dalam psikologi waktu tunggu. Psikologi waktu tunggu merupakan prinsip-prinsip dalam mengelola antrian yang perlu diperhatikan dalam hal ini yaitu waktu tunggu pelayanan dokter yang dialami pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana psikologi waktu tunggu layanan dokter di Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Kota Bengkulu ditinjau dari dimensi fasilitas, komunikasi, informasi, waktu, layanan, keadilan dan pengalaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan tingkat intervensi minimum, dan situasi penelitian yang tidak diatur serta menggunakan strategi penelitian survey. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara yang diambil dari 250 responden dari populasi sebagai sampel penelitian dan data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Untuk mendapatkan validitas dan reliabilitas dari instrument penelitian, peneliti menggunakan content validity, intercoder agreement, triangulate and member checking. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan rata-rata responnden menjawab sangat setuju pada semua dimensi dalam prinsip psikologi waktu tunggu. Dengan kata lain, hal tersebut mendapatkan respon positif dari pasien rawat jalan. Hal ini mengindikasikan bahwa ke tujuh prinsip dalam psikologi waktu tunggu memang sangat diperlukan diterapkan di RSUD Kota Bengkulu karena selain untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien dan kualitas Rumah Sakit tapi juga menambah tingkat kenyamanan pasien.