PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KEAKTIFAN BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 56 KOTA BENGKULU

Main Authors: Alfian, Yogi, Badeni, Badeni, Daimun, Hambali
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18062/1/Tesis%20Yogi%20Alfian%20%28A2G016050%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/18062/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar, keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN 56 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu Non equivalent Control Group Design yang merupakan bentuk metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa VSDN 56 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa (1).Terdapat pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 56 Kota Bengkulu. Hal tersebut ditunjukan pada uji t bahwa nilai t hitung sebesar 5,00 > nilai t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01.(2).Terdapat pengaruh ice breaking terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SDN 56 Kota Bengkulu. Hal tersebut ditunjukan pada uji t bahwa nilai t hitung sebesar 5,04 > nilai t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01.(3). Terdapat pengaruh yang signifikan ice breaking terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif siswa kelas V SDN 56 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan uji-t bahwa nilai t hitung sebesar 2,71 > nilai t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,03. Kata Kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar