PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBASIS GAMES PADA PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENGINTERNALISASIKAN NILAI KARAKTER DI SDN 78 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Meylani, Yeni, Badeni, Badeni, Puspa, Djuwita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18060/1/YENI%20MEYLANI%20A2G016049.pdf http://repository.unib.ac.id/18060/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan model VCT berbasis game, perencanaan pengembangan model pembelajaran VCT berbasis game, pelaksanaan pengembangan model pembelajaran VCT berbasis game, evaluasi pengembangan model pembelajaran VCT berbasis game, efektifitas penerapan pengembangan model pembelajaran VCT berbasis game. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa VC SDN 78 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi sikap. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa (1).Terdapat dua belas langkah pembelajaran pada pengembangan model VCT berbasis game, (2). Perencanaan pengembangan dimulai dari desain pola pengembangan menjadi silabus dan RPP, persiapan kemampuan peneliti, menentukan ruang lingkup batasan penelitian. (3). Pelaksanaan pengembangan dilakukan dengan kegiatan proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn di kelas Vc, (4) Evaluasi pengembangan model dilakukan dengan pengamatan perubahan perilaku siswa selama satu minggu, (4) Pengembangan model pembelajaran VCT berbasis game efektif dalam menginternalisasi nilai karakter pada siswa. Kata Kunci: VCT, Game, Internalisasi Nilai Karakter, PKn