PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF IPA SISWA KELAS V SDN 78N KOTA BENGKULU
Main Authors: | Astuti, Lenni, Endang, Widi Winarni, Puspa, Djuwita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18026/1/TESIS%20LENNI%20ASTUTI.pdf http://repository.unib.ac.id/18026/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif IPA siswa kelas V SDN 78 Kota bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain the maching only pretest – posttes control group design. Sampel penelitian yang diperoleh adalah siswa kelas V SD Negeri 78 Kota Bengkulu yang berjumlah 59 orang yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal test dan angket afektif. Instrumen sebelumnya telah melalui tahap validasi ahli dan uji coba lapangan di kelas VC SDN 78 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini, Kelas V A dijadikan kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif IPA dengan nilai t hitung > t tabel yakni 4,30 > 2,00. (2) Model pembelajaran Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar afektif IPA siswa dengan nilai t hitung > t tabel yakni 8,36 > 2,00. Kata Kunci: Model Pembelajaran PJBL, Hasil Belajar Kognitif IPA, Hasil Belajar Afektif IPA