PENGARUH STRATEGI POLYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Setiono, Igit, Agus, Susanta, Abdul, Muktadir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18022/1/Tesis%20Igit%20Setiono%20%28A2G016021%29.pdf http://repository.unib.ac.id/18022/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Polya terhadap kemampuan literasi Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian yang diperoleh adalah SDN 68 Kota Bengkulu kelas V B dan VA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berupa tes uraian sesuai dengan komponen litersi Matematika. Data hasil penelitian ini menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-T dengan thitung pada komponen konten sebesar 2,039, pada komponen proses sebesar 4,991, dan pada komponen konteks sebesar 2,493. Adapun nilai ttabel dengan taraf signifikan α=5% adalah sebesar 2,011. Karena pada setiap komponen literasi Matematika nilai thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Polya terhadap kemampuan literasi Matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Strategi Polya, Literasi Matematika.