HUBUNGAN MOTIVASI DAN SUASANA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hikmah Semengga Dunda, Hikmah Semengga Dunda, Daimun, Hambali, Hadiwinarto, Hadiwinarto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18018/1/TESIS.pdf http://repository.unib.ac.id/18018/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini masih rendahnya kemampuan belajar siswa. Motivasi dan Suasana belajar merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan motivasi dengan kemampuan belajar siswa, (2) hubungan suasana belajar dengan kemampuan belajar siswa, dan (3) hubungan motivasi dan suasana belajar dengan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 265 orang dan sampel sejumlah 156 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi, suasana belajar dan kemampuan belajar. Hasil uji validitas instrumen motivasi sebesar 0.463, suasana belajar sebesar 0.454, dan kemampuan belajar siswa sebesar 0.462. Hasil uji reliabilitas instrumen motivasi sebesar 0.706, suasana belajar sebesar 0.707, dan kemampuan belajar siswa sebesar 0.716. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) terdapat hubungan motivasi dengan kemampuan belajar siswa sebesar 22.9%, (2) terdapat hubungan suasana belajar dengan kemampuan belajar siswa sebesar 22.3%, dan (3) terdapat hubungan motivasi dan suasana belajar dengan kemampuan belajar siswa sebesar 23.6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dan suasana belajar dengan kemampuan belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi, Suasana Belajar, Kemampuan Belajar