KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA (Studi DeskriptifKelas IVB SD Negeri 01 Kota Bengkulu)
Main Authors: | Putra, Eka Aryista, Puspa, Djuwita, Osa, Juarsa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18011/1/tesis%20Eka%20aryista%20putra.pdf http://repository.unib.ac.id/18011/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu keterampilan guru untuk menumbuhkan sikap disiplin yaitu, keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran di kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta dilengkapi dengan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, member checkdan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian dalam mengelola kelas pada proses pembelajaran telah sesuai dengan komponennya (Preventif) yaitu, 1) menunjukan sikap tanggap, 2) memusatkan perhatian kelompok, dan 3) memberi petunjuk yang jelas, serta komponen (Represif) yaitu, 1) memodifikasi tingkah laku 2) pengelolaan kelompok dan 3) menemukan dan mengatasi prilaku yang menimbulkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu dalam pembelajaran melakukan pengelolan kelas sesuai dengan komponen Preventif dan Represif. Kata Kunci: Keterampilan Mengelola Kelas, Sikap Disiplin siswa