PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN KONSEPTUAL DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Susianita, Desty, Irwan, Koto, Agus, Susanta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18005/1/TESIS%20DESTI.%20PDF.%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/18005/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh penerapan model discovery learning dengan media nyata terhadap kemampuan konseptual dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN 45 kota bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, lembar validasi dan instrumen soal. Populasi sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Bengkulu yang berjumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Intrumen soal divalidasi oleh 3 orang ahli dan dianalisis menggunakan aiken,s V diperoleh 0,67 dengan kategori validitas tinggi. Hasil analisis uji t pada pemahaman konsep diperoleh 1,90 sedangkan hasil analisis uji t pada kemampuan berpikir kritis diperoleh 1,86. Ttabel dengan dk (N-2 = 56) dan α = 5% adalah 1,607. Dengan demikian thiutng>ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dengan media nyata terhadap kemampuan konseptual dan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Kata Kunci : DL, Media Nyata, Kemampuan Konseptual, berpikir kritis.