PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 78 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Triani, Deliza Septika, Endang, Widi Winarni, Abdul, Muktadir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18003/1/TESIS%20DELIZA%20SEPTIKA.pdf http://repository.unib.ac.id/18003/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengukur signifikansi pengaruh variabel X dan Y. Sebelum ke lapangan, peneliti telah melakukan uji coba terhadap insrumen penelitian. Instrumen penelitian ini berupa angket sikap peduli lingkungan dan tes hasil belajar. Kelas IV A dijadikan kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dalam penenlitian ini. Uji coba dilakukan di sekolah yang sama sebagai tempat penelitian, namun kelas yang berbeda yakni kelas V C. Hasil data dianalisis menggunakan perhitungan statistik uji t-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa dengan nilai t hitung> t tabelyakni 2,70 > 2,00;. (2) Model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai t hitung> t tabelyakni 3,83 > 2,00. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar IPA