PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI SMP IT IQRA’ KOTA BENGKULU

Main Authors: Astuti, Extis Yuli, Didi, Yulistio, Arono, Arono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17961/1/SKRIPSI%20EXTIS.pdf
http://repository.unib.ac.id/17961/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial mata pelajaran bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami remedial. Pelaksanaan remedial meliputi waktu pelaksanaan, metode yang digunakan, jumlah siswa yang mengikuti, dan tempat pelaksanaan dan fakto-faktor penyebab meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpula. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program remedial waktu pelaksanaan program remedial dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Jumlah siswa yang melaksanakn remedial sebanyak 33 siswa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program remedial yaitu pemberian tugas secara mandiri yang dikerjakan di rumah masing-masing. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa remedial mencakup (1) faktor internal yang meliputi 5 aspek yaitu kebiasaan belajar, percaya diri, sikap terhadap belajar, menyimpan perolehan hasil belajar dan menggali hasil belajar yang tersimpan, dan (2) faktor eksternal yaitu aspek kebijakan penilaian