HUBUNGAN CARA BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ( Studi Kasus Mahasiswa Sosiologi Universitas Bengkulu )
Main Authors: | Yunita, Rasma, Hasan , Pribadi, Syamsul, Huda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/1794/1/Skripsi%20Rasma%20Yunita-2.pdf http://repository.unib.ac.id/1794/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cara dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Teknik penetapan sampel menggunakan “Purposive sampling”. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner. Analisis data dilakukan dengan pengeditan data, pengkodean data dan setelah itu dianalisis menggunakan product moment sampai pada penarikan kesimpulan untuk mendapatkan konsep-konsep sebagai hasil penelitian. Temuan di lapangan mengidentifikasi bahwa cara belajar dan kebiasaan belajar hubungan nyadengan prestasi belajar mahasiswa. Fakta di lapangan menunujukkan: Pertama, sebenarnya variabel cara belajar berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa dengan taraf signifikansi 95%. Kedua, ada hubungan antara variabel kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa dengan taraf signifikansi 95%. Rekomendasi dari penelitian ini adalah prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi variabel cara belajar dan kebiasaan belajar pada taraf 95% dengan besar pengaruhnya sebesar 21%.