PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEM AMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KOTA BENGKULU
Main Authors: | Saputra, Ringki Hadi, Wahyu, Widada, Nirwana, Nirwana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17939/1/ISI%20TESIS%20RINGKI%20HADI%20SAPTRA.pdf http://repository.unib.ac.id/17939/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran inkuiri dengan Pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan berpikir kreatif siswa SMP Kota Bengkulu. Jenis Penelitian adalah penelitian ekspirimen dengan desain quasi ekspirimental yang dilaksanakan di SMP 6 kota Bengkulu pada Kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 dengan populasi penelitan yaitu seluruh siswa SMP Negeri 6 kota Bengkulu kelas VIII. Dan sampel penelitian adalah Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan Kelas B sebagai kelas ekspirimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Terdapat Pengaruh kovariat kemapuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 31.9%, 2) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 64.7 % , 3) terdapat pengaruh kovariat kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 33.5%, 4) ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 66.8 % 5) kelas model pembelajaran inkuiri dengan Pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dengan memberikan pengaruh sebesar 64.7 %, dan 6) 5) kelas model pembelajaran inkuiri dengan Pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan memberikan pengaruh sebesar 66.8 %, Kata Kunci : Model pembelajaran inkuiri, Pendekatan kontekstual, pemahaman konsep matematika, berpikir kreatif.