PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 45 BENGKULU UTARA

Main Authors: Zulianingsih, Noviarita, Saleh, Haji, Nirwana, Nirwana
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17932/1/tesis%20noviarita%20zulianingsih.pdf
http://repository.unib.ac.id/17932/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen yaitu sebesar 80,22 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 70. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik adalah 65,26 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 44. Hasil ini menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar sehingga secara umum pemahaman konsep peserta didik dengan diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari peserta didik yang diberikan pembelajaran konvensional. Pada disposisi matematis, nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 129,39 dengan nilai tertinggi 145 dan nilai terendah 110. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata peserta didik adalah 98,82 dengan nilai tertinggi 120 dan terendah 77. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik SMP Negeri 45 Bengkulu Utara. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep, disposisi matematis, pendekatan saintifik, video pembelajaran