PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

Main Authors: Sari, Pika Purnama, Wahyu, Widada, Zamzaili, Zamzaili
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17930/1/PikaPS%28A2C015021%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17930/
Daftar Isi:
  • PIKA PURNAMA SARI,2018. NPM A2C015021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Tesis. Program studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu.Pembimbing : Prof. Dr. H. Wahyu Widada, M.Pd dan Dr. Zamzaili, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Tematik yang valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas eksperimen (Perangkat pembelajaran Bebasis Tematik) dan Kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan Plomp (1999) yang terdiri dari lima tahapan besar yaitu tahap investigasi awal, tahap perancangan perangkat pembelajaran, tahap realisasi/ konstruksi, tahap pengujian, evaluasi dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Tes Hasil Belajar kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa (THB). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV MI Plus Ja-Alhaq (Kelas A sebanyak 21 orang sebagai Kelas eksperimen dan Kelas C sebanyak 21 orang sebagai Kelas kontrol). Dengan hasil penelitian, (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Tematik yang valid, praktis dan efektif. (2) perangkat pembelajaran berbasis Tematik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu, (3) terdapat pengaruh pembelajaran dengan perangkat pembelajaran berbasis Tematik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa siswa Madrasah Ibtidaiyah Plus JaAlhaq Kota Bengkulu, (4) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas eksperimen (perangkat pembelajaran berbasis Tematik) dan Kelas kontrol. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis