PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMK TEKNOLOGI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Oktari, Dian, Wahyu, Widada, Nirwana, Nirwana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17898/1/Dokumen%20Tesis%20Lengkap.pdf http://repository.unib.ac.id/17898/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir tingkat tinggi siswa SMK Teknologi Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) yang dilaksanakan di SMK Teknologi Kota Bengkulu pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas X SMK Teknologi dengan sampel Kelas X SMKN 02 dan Kelas X SMKS 10 Telekomunikasi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil Penelitian terdapat pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 46% dan terdapat pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 57,4%. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Tingkat Tinggi