KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Main Authors: Lestari, Asih, Padi, Utomo, Agus, Joko Purwadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17870/1/PDF%20SKRIPSI%20ASIH%20LESTARI.pdf
http://repository.unib.ac.id/17870/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII 3 dan guru bahasa Indonesia kelas VII 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data mengenai keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru adalah pedoman wawancara dan lembar observasi yang ditujukan untuk guru yang akan diamati.Uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu komponen yang telah dilaksanakan oleh guru adalah menyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan, mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran yang optimal yaitu menyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan,mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.