EVALUASI PROGRAM MGMP SOSIOLOGI DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Evaluatif Model Countenance Stake Pada Program MGMP Sosiologi SMA/MA Kota Bengkulu)
Main Authors: | Maryani, Maryani, Sudarwan, Danim, Aliman, Aliman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17774/1/TESIS%20MARYANI%20PDF.pdf http://repository.unib.ac.id/17774/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari evaluasi program ini adalah untuk mengevaluasi program kegiatan MGMP Sosiologi Kota Bengkulu dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan model Countenance Stake. Subyek utama dalam penelitian ini adalah guru-guru anggota MGMP Sosiologi yang terlibat dalam kegiatan pelaksanaan program MGMP Sosiologi. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap antecedents, latar belakang pendidikan guru mayoritas tidak linear dengan mata pelajaran yang diampu dan sebagian besar guru anggota MGMP Sosiologi juga belum mampu memenuhi tuntutan kurikulum dalam hal penyusunan RPP K13, kisi-kisi dan butir soal serta pengembangan bahan ajar. Pada tahap transactions memperlihatkan interaksi guru-guru pada kegiatan MGMP sosiologi dalam peningkatan kompetensi profesional guru belum memuaskan karena tingkat kehadiran guru-guru dalam kegiataqn MGMP masih kurang dan kompetensi dalam pemenuhan tuntutan kurikulum belum mengalami peningkatan. Sedangkan pada tahap outcomes menunjukkan hasil pencapaian kegiatan MGMP sosiologi dalam peningkatan kompetensi profesional guru masih belum berhasil. Kata kunci: Evaluasi Program, Kegiatan MGMP Sosiologi, Kompetensi Profesional Guru.