KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MAKANAN TRADISIONAL “LEMANG TAPAI” DI KOTA BENGKULU

Main Authors: Jayadi, Rexy Pratama, Zulman, Effendi, Marniza, Marniza
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17743/1/SKRIPSI%20REXY%20PRATAMA%20JAYADI%20%28E1G013093%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17743/
Daftar Isi:
  • Salah satu makanan tradisional yang ada di Kota Bengkulu adalah lemang tapai. Lemang merupakan makanan tradisional yang dihasilkan dari beras ketan (pulut) berbentuk silinder dan mempunyai aroma asli hasil dari proses penyediaan yang unik dengan menggunakan wadah bambu. Sedangkan tape terbuat dari beras ketan hitam yang difermentasi menggunakan ragi tradisional dengan waktu selama 2 hari 1 malam. Dengan kondisi persaingan bisnis di era sekarang agar makanan tradisional Lemang tapai dapat bertahan, setiap produsen dapat mengeluarkan kemampuan dalam menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pada saat ini produk lemang tapai belum diketahui atribut-atribut yang menjadi harapan dan penunjang kepuasan konsumen terhadap produk. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan atribut yang menjadi pertimbangan utama pembelian lemang tapai oleh konsumen di Kota Bengkulu, menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap makanan tradisional lemang tapai di kota Bengkulu, dan mendapatkan prioritas perbaikan mutu atribut produk lemang tapai di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 – Januari 2018 di sentra penjualan lemang tapai Jalan Sungai Rupat, Lingkar Barat, Provinsi Bengkulu. Metode Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden, sedangkan jumlah responden untuk validitas dan reliabilitas berjumlah 25 orang. Data dianalisa menggunakan CSI (Customer Satifaction Indeks) dan IPA (Importance Performance Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang diinginkan konsumen lemang tapai adalah rasa lemang, tekstur lemang, warna lemang, aroma lemang, bambu tanpa cacat retak, bambu tanpa cacat gosong, rasa tapai, tekstur tapai, warna tapai dan aroma tapai. Hasil analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan lemang tapai dengan nilai sebesar 0,82. Atribut lemang tapai yang direkomendasikan perbaikan mutu oleh produsen yaitu atribut aroma tapai dan atribut yang harus dipertahankan yaitu rasa lemang, tekstur lemang, rasa tapai dan tekstur tapai. (Program Studi Teknologi Industri Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).