SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH (Studi Deskriptif Kualitatif di SDN Inti Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas)
Main Authors: | Ginato, Giarto, Rambat, Nur Sasongko, Sumarsih, Sumarsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17678/1/Tesis%20Lengkap%20Eki.pdf http://repository.unib.ac.id/17678/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang supervisi akademik kepala sekolah di Sekolah Dasar Inti Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah yang ada di Sekolah Dasar Inti Kecamatan Muara Beliti. Teknik pengumpulan data data melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah ada yang terprogram dan ada yang tidak sistematis serta tidak terprogram, sehingga guru-guru tidak merasakan adanya bantuan dari kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah di samping kompetensi supervisi akademik kepala sekolah rendah, yaitu hanya menilai dan mencari kesalahan guru tanpa memberikan saran dan solusi, kepala sekolah juga memiliki kompleksitas dan beban tugas yang berat. Faktor pendukungnya adalah kepala sekolah memiliki rencana/program supervisi, komitmen dan motivasinya tinggi, serta adanya upaya untuk memenuhi penilaian kinerja kepala sekolah dari pengawas sekolah. Dengan demikian pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah tidak tercapai secara efektif. Maka perlu diadakan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi kepala sekolah. Kata kunci : Supervisi Akademik, Kepala sekolah