PENGELOLAAN LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI DALAM MENINGKATKAN HASIL UJI KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Deskriptif Kualitatif di SMKN 1 Kota Bengkulu)

Main Authors: Lusiawati, Desi Sri, Rambat, Nur Sasongko, Manap, Somantri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17665/1/tesis%20nian.pdf
http://repository.unib.ac.id/17665/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan lembaga sertifikasi profesi untuk meningkatkan hasil kompetensi peserta didik. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil uji kompetensi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengelolaan Lembaga Sertifikasi Profesi melaksanakan kegiatan uji kompetensi berpedoman pada ketentuan dari BNSP, dalam hal perencanaan lembaga Sertifikasi Profesi belum mengikuti langkah-langkah perencanaan, dengan menentukan tujuan lembaga, membuat program jangka pendek dan jangka panjang. Program kerja dibuat hanya secara internal, belum melibatkan industri sebagai pengguna layanan dan pemerintah. pelaksanaan uji dan evaluasi kompetensi mengikuti pedoman dari BNSP, dan hasil uji kompetensi belum mencapai tujuan/target lembaga. Kata kunci : Kompetensi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi