PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Pengurusan Jenazah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Tinggi)

Main Authors: Akhyaruddi, Akhyaruddi, Johanes, Sapri, Bambang, Sahono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17654/1/tesis%20pdf.pdf
http://repository.unib.ac.id/17654/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : 1. mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan siswa, 2. mendeskripsikan penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, 3. mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi yang terdiri atas 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran demonstrasi dan kerjasama siswa. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dilakukan dengan tes. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan jenis datanya. Data kualitatif dianalisis secara kualitatif dan data kuantitatif dianalisis secara kuantatif dengan menggunakan rumus rata-rata dan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan siswa, 2. penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dan 3. penerapan model pembelajaran demonstrasi efektif untuk meningkatkan keterampilan dan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI. Kata kunci : Pembelajaran demonstrasi, Keterampilan dan Prestasi Belajar