ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KIOS PENGECER TERHADAP PELAYANAN PT. PUSRI STUDI KASUS KOTA BENGKULU
Main Authors: | Silalahi, Lambok Marudut, Apri, Andani, Mustopa, Romdhon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17502/1/Skripsi%20Perpus.pdf http://repository.unib.ac.id/17502/ |
Daftar Isi:
- Indonesia adalah negara agraris yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencarian pada sektor pertanian, tetapi sektor pertanian masih terdapat banyak masalah dan kendala, salah satunya menyangkut rendahnya produktivitas pertanian. Sektor pertanian membutuhkan saranan produksi yang memiliki peranan penting dalam peningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian. Salah satu sarana produksi yang paling dibutuhkan yaitu pupuk. PT. Pusri adalah perusahaan pupuk milik negara yang memasarkan pupuk Bersubsidi di daerah Indonesia bagian Barat yang dapat memfasilitasi kebutuhan akan pupuk. PT. Pusri memiliki rantai distribusi pupuk bersubsidi mulai dari Pabrik ke Gudang Penyimpanan Pupuk (GPP) Provinsi lalu distributor, setelah distributor membeli maka akan didistribusikan ke kios pengecer resmi PT. Pusri dan terakhir didistribusikan ke tingkat petani. Berdasarkan uraian diatas peneliti ingin meneliti tingkat kepuasan pengecer pupuk bersubsidi terhadap pelayanan yang diberikan oleh distributor dan tingkat kepuasan distributor terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT. Pusri. Penentuan jumlah responden pada penelitian ini menggunakan metode sensus. Adapun sampel yang diteliti yaitu 11 kios pengecer dan 1 distributor di Kota Bengkulu. Sedangkan metode yang digunakan untuk melihat tingkat pelayanan yaitu metode Importance Performance Analisis (IPA) dan untuk mengetahui tingkat kepuasan yaitu dengan metode Customer Satisfaction Indeks (CSI). Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa pada pelayanan yang diberikan oleh distributor kepada kios pengecer tingkat kinerja 4,00 dan tingkat kepentingan 4,71 serta pelayanan yang diberikan oleh PT. Pusri kepada distributor tingkat kinerja sebesar 4,12 dan tingkat kepentingan sebesar 4,23. Sedangkan untuk penilaian kepuasan pada pelayanan, kios pengecer merasakan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh distributor dengan perolehan tingkat kepuasan sebesar 80,02% dan distributor merasakan sangat puas terhadap pelayanan PT. Pusri dengan perolehan tingkat kepuasan 82,73%. Kata Kunci : Kios Pengecer, Distributor, PT. Pusri, IPA, CSI