HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL (Studi Korelasional Di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu)

Main Authors: Yani, Rimondi, Rambat, Nur Sasongko, Puspa, Djuwita
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17421/1/RIMONDI%20YANI%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/17421/
Daftar Isi:
  • Rumusan Masalah penelitian ini adalah (1) adakah hubungan antara kinerja guru bersertifikasi dengan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu?; (2) adakah hubungan antara pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu?; (3) adakah hubungan antara kinerja guru bersertifikasi dan pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu?. Tujuan penelitian untuk (1) untuk menganalisis hubungan antara kinerja guru bersertifikasi dengan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu?; (2) untuk menganalisis hubungan antara pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu?; (3) untuk menganalisis hubungan antara kinerja guru bersertifikasi dan pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu?. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang populasinya 54 orang, dan sample total penelitian ini adalah 33 orang guru bersertifikasi. Uji coba instrumen diambil 20 orang guru yang dipilih yang bersertifikasi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan empat alternatif pilihan. Untuk mengetahui absah atau validnya instrumen digunakan teknik product momen, sedangkan untuk relibilitas butir dipergunakan rumus alpha cronbac. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik yaitu data yang diperoleh diolah dengan bantuan komputer yaitu analisis statistical package for social science (SPSS) for windows 11.0. Analisis data menunjukan bahwa: (1) Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru bersertifikasi dengan kompetensi profesional hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi positive sebesar 0,815 dan harga koefesien rtable dengan taraf signifikasi 5% sebesar 0,344 hasil ini menunjukan bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,815 > 0,344. Dengan demikian penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis pertama yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru bersertifikasi dengan kompetensi profesional. (2) Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi positif sebesar 0,740 dan harga koefesien rtabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 0,344 hasil ini menunjukan bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,740 > 0,344. Dengan demikian penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis kedua yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru. (3) Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru bersertifikasi dan pembinaan kepala sekolah dengan kompetensi profesional hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi positif sebesar 77,161 dan harga koefesien Ftabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 3,32 hasil ini menunjukan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 77,161 > 0,344. Hasil ini menunjukan bahwa hipotesis ketiga diterima yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru bersertifikasi dan pembinaan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional. Simpulan penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kinerja guru bersertifikasi (X1), pembinaan kepala sekolah (X2), dan kompetensi profesional (Y). Hal ini berarti bahwa kompetensi profesional mempunyai hubungan dengan kinerja guru bersertifikasi dan pembinaan kepala sekolah. Peneliti menyarankan bahwa untuk meningkatkan kompetensi profesional di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dapat ditempuh dengan meningkatkan kinerja guru bersertifikasi, meningkatkan pembinaan kepala sekolah terhadap guru, dan juga secara bersama-sama, terus menerus dan berkesinambungan. Kata Kunci : Kinerja Guru Bersertifikasi, Pembinaan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional