HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI KOTA BENGKULU

Main Authors: Julianto, Repuan, Manap, Somantri, Puspa, Djuwita
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17420/1/REPUAN%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/17420/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu?; (2) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu?; dan (3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama sama dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu?. Tujuan umum penelitian untuk mengetahui yaitu terdapat hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu. Tujuan khususnya adalah (1) terdapat hubungan antara supervisi akademik kepala sekolahdengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu; (2) terdapat hubungan antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu; (3) terdapat hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri Kota Bengkulu yang berjumlah 521 orang, dan sampel penelitian ini diambil 80 orang. Uji coba instrumen diambil 30 orang guru di laksanakan di guru MA Negeri di Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan lima alternatif pilihan. Untuk mengetahui absah atau validnya instrumen digunakan teknik product moment, sedangkan untuk reliabilitas butir dipergunakan koefisien reliabilitas butir dan untuk reliabilitas keseluruhan butir dipergunakan rumus Alpha Cronbac. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik yaitu: (1) deskripsi data, (2) pengujian persyaratan analisis sebagai persyaratan penggunaan statistik, dan (3) teknik pengujian hipotesis. Data yang diperoleh diolah dengan teknik statistik (correlation product moment) dan dianalisis menggunakan bantuan komputer yaitu analisis Statistical Package for The Social Science (SPSS) for Windows 20.0 Analisis hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru. Hal ini berarti bahwa supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru. Persamaan regresi sederhana yang didapat adalah = 111,146 + 0,053 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan skor variabel supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru SMA Negeri Kota Bengkulu sebesar 0,053 satuan skor pada konstanta 111,146; (2) terdapat hubungan positif signifikan antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru. Hal ini berarti bahwa semakin baik disiplin kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru. Hal tersebut ditunjukan dengan koefisien korelasi sederhana 0,645 hubungan antara dua variabel disiplin kerja guru dan kinerja guru adalah dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Persamaan regresi sederhana yang didapat = 105,469 + 0,107 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan skor variabel disiplin kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru; (3) secara bersama-sama terdapat hubungan positif signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan kinerja guru. Hal ini berarti bahwa semakin baik pembinaan kepala sekolah dan disilin kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru. Hal tersebut ditunjukan dengan koefisien korelasi sederhana hubungan antara dua variabel supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri Kota Bengkulu adalah 0,130 dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Persamaan regresi ganda = 106,861 + 0,173X1 + 0,259X2, yang berarti bahwa setiap kenaikan 1 skor supervisi akademik kepala sekolah dapat diprediksikan akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,0,173 pada konstanta 106,861 dan setiap kenaikan 1 skor disiplin kerja guru dapat diprediksi akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,259 skor kinerja guru pada konstanta 106,861. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara supervisi akademik kepala sekolah (X1), disiplin kerja guru (X2) dan supervisi akademik kepala sekolah bersama disiplin kerja guru (X1,2) dengan kinerja guru (Y). Peneliti menyarankan yaitu bahwa untuk meningkatkan kinerja guru pada SMA Negeri Kota Bengkulu dapat ditempuh dengan meningkatkan supervisi akademik kepala sekolah, meningkatkan disiplin kerja guru dan juga meningkatkan supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama, terus menerus dan berkesinambungan.