IMPLEMENTASI PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS (Studi Deskriptif Kualitatif di MA. Al-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas )

Main Authors: Triana, Lia, Rambat, Nur Sasongko, Bambang, Sahono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17415/1/lia%20triana%20ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/17415/
Daftar Isi:
  • Permasalahan umum dalam penelitian ini, adalah: bagaimana Implementasi peran guru dalam penataan kelas yang kondusif di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo, bagaimana Implementasi peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo, bagaimana Implementasi peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa, bagaimana Implementasi peran guru dalam, bagaimana Implementasi peran guru dalam meningkatkan mutu di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo, bagaimana Implementasi peran guru dalam melatih siswa mandiri MA.AL-Muhajirin Tugumulyo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana peranan guru dalam penataan kelas yang kondusif di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo, Implementasi peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo, peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo, peran guru dalam meningkat mutu di MA.AL Muhajirin Tugumulyo, peran guru dalam melatih disiplin siswa di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari: kepala sekolah, guru mata pelajaran , guru BP/BK, dan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model wawancara yang digunakan adalah wawancara tersruktur dan wawancara langsung dilakukan kepada kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru BP/BK, dan siswa. Teknik observasi dilakukan untuk menggali data yang terkait dengan pengelolaan kelas dengan, melihat kondisi sekolah dan ruang belajar, serta kegiatan belajar mengajar. Teknik dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang struktur organisasi, administrasi, sarana dan prasarana dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran. Teknik analisa data dilakukan dengan cara data-data yang telah terkumpul, baik yang berupa kata-kata hasil wawancara, tindakan-tindakan atau peristiwa yang diperoleh melalui pengamatan maupun dokumen-dokumen lain, ditelaah dan diorganisir kemudian diinterprestasikan supaya diketahui makna atau tema pokoknya. Hasil penelitian implementasi perana guru dalam pengelolaan kelas di MA.Al-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, sebagai berikut; Pertama implementasi peran Guru dalam penataan kelas yang kndusif di MA.Al-Muhajirin Tugumulyo sudah sesuai dengan ketentuaan yang ada namun perlu penyempurnaan. Penataan kelas dilakukan oleh wali kelas sedangkan guru mata pelajaran hanya ketika kegiatan belajar mengajar dan berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap penataan kelas yang dilakukan oleh guru, penataan kelas dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi dan kepentingan siswa. Kedua implementasi peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas sudah dilakukan, seperti dalam memotipasi siswa. Berdasarkan data yang diperoleh guru telah melakukan tindakan-tindakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bentuk perhatian, pujian, penghargaan serta pemberian nilai plus. Namun dari hasil observasi dan wawancara masih jarang ditemukan guru melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan multi media, Sebaiknya dalam meningkatkan motivasi belajar tidak cukup hanya dengan pujian, penghargaan tetapi lebih dari itu antusias belajar siswa akan berbeda jika menemukan suasana baru yang berbeda seperti penggunaan multi media. Ketiga untuk meningkatkan disiplin siswa di MA.AL-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas dilakukan kepala sekolah beserta dewan guru dengan cara melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik terencana dan menyenangkan sehingga tidak ada siswa yang bolos, ngantuk, sibuk sendiri, atau keluar masuk kelas dikarenakan tidak tertarik dengan pejaran atau mungkin dengan cara guru mengajar. Dari hasil wawancara jarang ditemukan perilaku tidak disiplin hal ini dikarenakan aturan yang dibuat dan ditetapkan oleh sekolah serta penguasan kelas yang di dilakukan guru mata pelajaran pada saat KBM. Keempat implementasi peran guru dalam meningkatkan mutu di MA.AL Muhajirin Tugumulyo Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, diperoleh keterangan bahwa peningkatan mutu di MA.Al-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas telah diupayakan walau pun hasilnya belum memuaskan, meskipun demikian Siswa-siswi MA.Al-Muhajirin pernah mengharumkan nama sekolah hingga manca negara yaitu dibidang Olahraga Khususnya Panjat tebing, Sementara dibidang akadekmik belum ada prestasi gemilang yang disandang. Kelima implementasi peran guru dalam melatih siswa mandiri di MA.AL Muhajirin Tugumulyo. Pihak sekolah melatih dan mengupayakan agar siswa mandiri dalam, seperti belajar berkreasi, belajar menentuhkan pilihan (jurusan yang di mininati), dan jika guru berhalangan masuk dapat belajar sendiri. Hasil observasi dan wawancara siswa –siswi mulai terlatih mandiri hal ini dikarenakan guru telah mengajarkan sejak awal masuk. Simpulan penelitian ini yaitu implementasi peran guru dalam pengelolaan kelas di MA.Al-Muhajirin tugumulyo Kabupaten Musi Rawas telah dilaksanakan, namun masih perlu peningkatkan lagi terutama dalam meningkatkan mutu siswa siswi, tentunya mutu guru harus lebih kompeten. Saran peneliti kepada pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan, agar penelitian dapat dijadikan masukan dalam implementasi peran guru dalam pengelolaan kelas sehingga terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran pada khususnya dan peningkatan kualitas sekolah pada umumnya