MANAJEMEN PUNISHMENT POINT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI SMAN 1 KEPAHIANG

Main Authors: Irlan, Irlan, Rohiat, Rohiat, Osa, Juarsa
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17413/1/TESIS%20IRLAN%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/17413/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen punishment poin yang diterapkan dalam meningkatkan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Kepahiang. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah Urusan Kesiswaan, guru Bimbingan Konseling sebagai ketua tim pelaksana punishment point, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan (Planning) punishment point meliputi 1) perancangan penetapan jumlah skor poin; 2) analisis kebutuhan siswa; 3) analisis situasi dan kondisi sekolah; 4) penetapan tujuan; 5) penetapan jenis, teknik, dan strategi kegiatan. Pengorganisasian (Organizing) punishment point SMA Negeri 1 Kepahiang meliputi 1) pembagian tugas; 2) sosialisasi kerja dan program kesiswaan terkait penerapan sistem punishment point; dan 3) pelibatan personel sekolah yang lain. Pelaksanaan (Actuating) kegiatan punishment poin di SMA Negeri 1 Kepahiang berjalan baik, karena 1) sudah adanya pelaksanaan pemberian sanksi punishment point kepada siswa yang melanggar peraturan dengan ketentuan punishment point yang telah dibuat, 2) sudah adanya fasilitas pendukung yang mendukung kegiatan punishment point, diantaranya 3 jenis warna surat peringatan dan buku poin siswa yang diberikan pada masing-masing siswa, dan 3) keteraturan perekapan yang telah dibuat untuk dijadikan laporan pengembangan sehingga proses pelaksanaan punishment point berjalan baik. Pengawasan (Monitoring) dan Evaluasi (Controlling) SMA Negeri 1 Kepahiang terdiri dari 1) pencatatan hasil kerja dan kinerja tim petugas punishment point, 2) penilaian hasil kerja tim petugas punishment poin, dan 3) pengambilan tindakan perbaikan dan pengembangan, 4) kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam penerapan sistem punishment point. Kata Kunci : Manajemen, Punishment Point, Kedisiplinan Siswa