PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA KELAS IX SMP NEGERI 2 AIR NAPAL KABUPATEN BENGKULU UTARA
Main Authors: | Sari Dewi, Wirna, Azwandi, Azwandi, Didi, Yulistio |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17390/1/TESIS%20WIRNA%20LENGKAP.pdf http://repository.unib.ac.id/17390/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok melalui media realita pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Air Napal Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas ( PTK ). Manfaat penelitian ini bagi siswa dapat meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran menulis deskripsi. Bagi Gurudapat meningkatkan kualitas proses belajar dan dapat meningkatkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran serta sebagai umpan balik bagi guru bahasa Indonesia untuk meningkatkan mutu pengajaran bahasa Indonesia. Alat pengambilan data berupa tes menulis deskripsi berdasarkan hasil investigasi terhadap media realita dan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap aktifitas guru dan siswa. Sumber data penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Air Napal. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa, dan hasil diskusi bersama pengamat. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil menulis deskripsi siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Air Napal Bengkulu Utara. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 61,3 dan termasuk pada kategori cukup, meningkat menjadi 82,2 pada siklus II dan termasuk pada kategori baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi. Kata kunci:kemampuan menulis, deskripsi, kooperatif, investigasi kelompok.