PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) SISWA KELAS VIII.3 SMPN 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Seles, Susi, Susetyo, Susetyo, Arono, Arono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17386/1/Tesis%20SUSI%20SELES.pdf
http://repository.unib.ac.id/17386/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 SMPN 1 kota Bengkulu. Tempat dan waktu penelitian tindakan kelas (PTK) ini di kelas VIII.3 SMPN 1 Kota Bengkulu dan pada saat jam pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu Selasa, 15 Maret 2016 dan Kamis, 17 Maret 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik tes dan teknik observasi untuk mengetahui nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Model CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan pembelajaran tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata meningkat, yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata siswa yaitu 69,41 kategori baik dan pada siklus 2, nilai rata-rata siswa yaitu 88,35 kategori baik sekali. Peningkatan rata-rata nilai dari siklus 1 ke siklus 2 ialah 18,94 skor. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus 1 38,24%, pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa 94,11%, terjadi peningkatan siklus 1 ke siklus 2. Kata kunci: Kemampuan, Membaca, Pemahaman, Model CORE