HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA LUBUKLINGGAU

Main Authors: Nilawati, Nilawati, Susetyo, Susetyo, Didi, Yulistio
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17379/1/skripsi%20ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/17379/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini menjelaskan minat membaca, kemampuan menulis teks pidato. Dalam penelitian ini dilakukan tes minat membaca dan tes kemampuan menulis teks pidato. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional yang terdiri dari dua variabel. Populasi penelitian ini adalah semua Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Lubuklinggau Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah sampel total karena sampel kurang dari 100. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini berupa tes angket untuk minat membaca dan tes kemampuan menulis teks pidato. Dalam penelitian minat membaca siswa rata-rata tergolong pada kategori sangat senang membaca (3,76) dan kemampuan menulis teks pidato rata-rata tergolong pada kategori baik (76,77). Berdasarkan hasil analisis uji korelasi diperoleh r hitung = 0,4293 > r tabel = 0,364 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan yang kecil (rendah) antara minat membaca dengan kemampuan menulis teks pidato Siswa di Kelas X SMA Negeri 7 Kota Lubuklinggau. Kata Kunci : Minat Membaca, Kemampuan, Menulis, Teks Pidato