PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS ANEKDOT DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN OLEH SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Authors: | Kencana, Lia, Susetyo, Susetyo, Ria, Ariesta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17378/1/TESIS%20LIA%20KENCANA.pdf http://repository.unib.ac.id/17378/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami teks anekdot dengan metode pembelajaran penemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMAN 3 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian berupa tes kemampuan memahami teks anekdot dan lembar observasi siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode pembelajaran penemuan (discovery learning) dapat meningkatkan kemampuan memahami teks anekdot oleh siswa kelas X MIPA 2 SMAN 3 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 70,42 kategori baik dan pada tindakan pembelajaran siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 80,85 kategori sangat baik. Peningkatan rata-rata skor dari siklus I ke siklus II adalah 10,43 skor. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 48,39% dan siklus II 87,05%, terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Kata Kunci: Teks, Anekdot, Pembelajaran Penemuan, Penelitian Tindakan Kelas.