UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK START JONGKOK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Lisdianto, Dadi, Sugiyanto, Sugiyanto, Syafrial, Syafrial
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17332/1/SKRIPSI%20DADI%20LISDIANTO.pdf
http://repository.unib.ac.id/17332/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan teknik start jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif artinya peneliti atau guru bersama-sama melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar. Disini peneliti tidak hanya sebagai pengamat tetapi terlibat langsung dalam proses situasi dan kondisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas V SD Negeri 50 Bengkulu Selatan, yaitu sebanyak 18 orang siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi start jongkok, lembar observasi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan teknik start jongkok siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah skor observasi start jongkok yang dapat dilakukan siswa. Pada siklus 1 siswa yang melakukan start jongkok termasuk kategori baik hanya 5,6% atau sebanyak 1 orang dan siswa yang termasuk kategori cukup yaitu 94,4% atau sebanyak 18 orang. pada siklus 2 hasil observasi seluruh siswa yang melakukan start jongkok sudah termasuk kategori baik sekali. Kata Kunci : Start jongkok, metode demonstrasi