PENERAPAN METODE CIRCUIT TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK N 1 KETAHUN
Main Authors: | Andika, Arik, Tono, Sugihartono, Ari, Sutisyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17325/1/SRIPSI%20ARIK%20ANDIKA.pdf http://repository.unib.ac.id/17325/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Circuit Training dapat meningkatkan kebugaran jasmani dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode penelitian Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMKN 1 Ketahun, tahun ajaran 2015-2016 yang berjumlah 31 orang. Yang terdiri dari 16 siswa putra dan 15 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memiliki tingkatan kebugaran jasmani yang cukup. Pada hasil pra siklus siswa hanya memiliki 41,93% pada kategori sedang, 41,93% pada ketegori kurang dan 16,12% pada kategori kurang sekali. Pada siklus pertama dengan penerapan metode circuit training yang tepat kebugaran jasmani siswa dengan meningkat sebesar 22,27% pada ketegori baik, 50% pada ketegori sedang, dan 22,72% pada ketegori kurang. Dan pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa 19,35% pada ketegori baik dan 80,64% berada pada ketegori sedang. Meningkatnya kebugaran jasmani siswa merupakan pengaruh dari penerapan metode circuit training. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan metode circuit training terbukti dapat meningkatkan kabugaran jasmani siswa. Kata kunci: Kebugaran Jasmani, Metode Circuit Training, Pembelajaran Penjas.