PERAN DAN HAMBATAN GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN FUNGSINYA SEBAGAI GURU DI KELAS V SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU

Main Authors: Syafrizal, Syafrizal, Abdul, Muktadir, Pebrian, Tarmizi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17322/1/skripsi%20syafrizal%2C%20A1G008076.pdf
http://repository.unib.ac.id/17322/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peran guru kelas dalam melaksanakan fungsinya sebagai guru dikelas V SD Negeri 103 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru kelas bukan hanya mengajar tetapi memberikan bimbingan kepada siswanya dan membantu siswa dalam keadaan sulit apapun agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa secara maksimal. Hambatan guru kelas tidak terjadi apabila guru kelas bisa mengelola kelas dan dapat mengunakan sarana di sekolah untuk kegiatan proses pembelajaran dengan baik dan ada kerja sama guru dengan siswanya. Kata kunci: Memberikan Bimbingan Kepada Siswa, Motivasi Belajar, Dan Kerja Sama Guru Dengan Siswa