PENERAPAN MODEL UNTUK PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI D SDIT IQRA KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)
Main Authors: | Rokhmah, Sayu, Dalifa, Dalifa, Herman, Lusa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17321/1/ROKHMAH%20A1G109286.pdf http://repository.unib.ac.id/17321/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Penerapan model Learning Cycle 5E pada siswa kelas VID SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jenis penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VID SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah, siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 40 kategori baik, siklus II 44,25 kategori baik. Rata-rata observasi aktivitas siswa siklus I 34,75 kategori cukup, siklus II 44 kategori baik. Siklus I diperoleh rata-rata tes 7,71 siklus II rata-rata tes 8,91. Ketuntasan belajar klasikal siklus I 65,51% siklus II ketuntasan belajar klasikal 93,10%. Rata-rata persentase aspek afektif untuk aspek mengelola siklus I 31,04%, siklus II 67,24%, aspek menghayati siklus I 29,31%, siklus II 72,41%, aspek menanggapi siklus I 32,76%, siklus II 67,24%., aspek menerima siklus I 37,93%, sisklus II 68,97%. Rata-rata persentase aspek psikomotor aspek menirukan siklus I 34,48%, siklus II 67,24%, aspek artikulasi siklus I 37,93%, siklus II 70,69%, aspek memanipulasi siklus I 36,21%, siklus II 62,07%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada Kelas VID SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Kata kunci : aktivitas pembelajaran, hasil belajar IPA, Learning Cycle 5E