STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (TANDUR) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA IPA KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Main Authors: Lawater, Lawater, Dalifa, Dalifa, Ansyori, Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17317/1/SKRIPSI%20LAWATER%20HUSEIN.pdf
http://repository.unib.ac.id/17317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor mata pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan model pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest- posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 74 Kota Bengkulu. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen I, dan kelas VB yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen II yang homogen, dan kelas VA sebagai kelas uji instrumen.Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes soal terdiri dari 15 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan tarap kesukaran. Analisis data diambil dari nilai rata- rata pretest dan postes. Analisis data dilakukan dengan pengujian normalitas, homogenitas, dan uji t dengan taraf signifikasi 5 %. Berdasarkan perhitungan uji t pada aspek kognitif didapat t-hitung = 1,25< t- tabel = 1,87, aspek afektif t-hitung = 0,06<t- tabel = 1,87, aspek psikomotor t- hitung = 1,26 < t- tabel = 1, 87 maka H0 diterima dan H1 ditolak, sihingga diketahui tidak ada perbedaan yang signikan antara kelas yang menerapkan model Quantum teaching dan Problem Based Instruction. Kata Kunci : Quantum teaching, Problem based instruction, Hasil belajar