STUDI DESKRIPTIF PERAN PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I DI SEKOLAH ALAM MAHIRA BENGKULU
Main Authors: | Sari Dewi, Gita, V. Karjiati, V. Karjiati, Ansyori, Gunawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17315/1/SKRIPSI%20GITA%20SARI%20DEWI.pdf http://repository.unib.ac.id/17315/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran permainan congklak dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas I di Sekolah Alam Mahira Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I Sekolah Alam Mahira Bengkulu. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara yang sudah dicatat serta hasil dari dokumentasi, data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini yaitu permainan congklak memiliki peran dalam memudahkan siswa memahami materi bilangan dengan sub materi yaitu (1) membilang banyak benda (2) membaca lambang bilangan (3) membandingkan dua kumpulan benda (4) membilang urut. Pembelajaran matematika menggunakan permainan congklak dapat memberdayakan kembali budaya lokal yang dimiliki oleh daerah Bengkulu. Kata kunci: Permainan congklak, pembelajaran matematika.