STUDI KASUS PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PEDULI PADA DIRI SISWA KELAS V SDN 05 KOTA BENGKULU

Main Authors: Narwanti, Envi, Puspa, Djuwita, Feri, Noperman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17314/1/SKRIPSI%20ENVI%20NARWATI.pdf
http://repository.unib.ac.id/17314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru dalam penanaman nilai peduli siswa kelas v SDN 05 Kota Bengkulu. Pendekatan dan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas V B. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan dokumentasi serta dilengkapi dengan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek telah melaksanakan ke 3 peran guru yaitu keteladanan,inspirator, dan motivator. Kata Kunci : Peran Guru, Nilai Peduli Siswa.