PENGGUNAAN METODE LATIHAN DENGAN MEDIA BILAH DAN BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRA (PTK Pada Mata pelajaran Penjaskes Kelas V Sdit Generasi Rabbani Kota Bengkulu)
Main Authors: | Harahap, Rinto, Arwin, Arwin, Santun, Sihombing |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17290/1/SKRIPSI%20RINTO%20HARAHAP.pdf http://repository.unib.ac.id/17290/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan proses belajar siswa dan keterampilan lompat jauh gaya jongkok dengan media bola dan bola gantung pada siswa kelas V SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan jumlah subyek berjumlah 30 orang. Populasi adalah siswa kelas V SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi/pengamatan dan dokumentasi. Peneliti menganalisa data setelah nilai siswa yang masuk, kemudian ditentukan ketuntasan nilai klasikal dan nilai rata - rata siswa. Setelah dilaksanakan terbukti dapat ditemukan dari jumlah siswa yang keterampilan menggunakan alat bantu bila dan bola gantung meningkat semakin banyak, yaitu pada siklus I siswa yang bisa melakukan lompat jauh gaya jongkok ada 20 orang dengan ketuntasan klasikal 75%, pada siklus II meningkat menjadi 30 orang siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok setelah menerapkan metode latihan dengan media bilah dan bola gantung pada siswa SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Kata kunci : Lompat Jauh gaya jongkok, media bilah dan bola gantung.