DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

Main Authors: Ferdiansyah, Welly, Della, Maulidiya, Effie, Efrida Muchlis
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17253/1/SKRIPSI%20WELLY%20FERDIANSYAH%20%28A1C011072%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/17253/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan operasi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1. Kesalahan pada operasi hitung perkalian bilangan bulat bertanda sama dilakukan oleh 12 siswa atau 46% sebagai berikut: a) kesalahan fakta ada 3 siswa atau 12%, b) kesalahan konsep ada 5 siswa atau 19%, c) kesalahan operasi ada 6 siswa atau 23%. 2. Kesalahan pada operasi hitung pengurangan bilangan bulat bertanda sama dilakukan oleh 3 siswa atau 12 % sebagai berikut: a) kesalahan konsep 1 siswa atau 4%, b) kesalahan operasi ada 2 siswa atau 7%. 3. Kesalahan pada operasi hitung pengurangan bilangan bulat bertanda sama dilakukan oleh 15 siswa atau 58 % sebagai berikut: a) kesalahan fakta ada 10 siswa atau 38%, b) kesalahan konsep ada 1 siswa atau 4%, c) kesalahan operasi ada 13 siswa atau 50%. 4. Kesalahan pada operasi hitung campuran bilangan bulat bertanda sama dilakukan oleh 11 siswa atau 42 % sebagai berikut: a) kesalahan fakta ada 3 siswa atau 12%, b) kesalahan konsep ada 11 siswa atau 38%, c) kesalahan operasi ada 7 siswa atau 27%. 5. Kesalahan pada operasi hitung campuran bilangan bulat berbeda tanda dilakukan oleh 16 siswa atau 62% sebagai berikut: a) kesalahan fakta ada 2 siswa atau 7%, b) kesalahan konsep ada 17 siswa atau 65%,c) kesalahan operasi ada 12 siswa atau 46%. Faktor penyebab kesalahan yaitu:a) Tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal b) siswa lupa konsep perkalian dua bilangan bulat tak nol,c) siswa tidak memahami maksud soal, d) siswa kurang teliti. Cara mengatasi kesalahan-kesalahan yaitu guru memberi motivasi, lebih sering memberi latihan dan tugas, memperjelas konsep, mengingat agar lebih teliti dalam membaca soal, memperjelas materi dengan teknik yang bervariasi. Kata kunci : Diagnosis, Kesalahan, Operasi Bilangan Bulat xix + 159; gbr 50; tbl 26: lampiran 25; pustaka acuan 27 (1990-2014)