IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DAN KARAKTER MANDIRI DI KELOMPOK B PAUD PERTIWI 1

Main Authors: Fitri, Silviana, Nasirun, Nasirun, Sumarsih, Sumarsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17210/1/Skripsi%20Silviana%20Fitri.pdf
http://repository.unib.ac.id/17210/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter jujur dan karakter mandiri, serta hambatan yang dialami oleh guru. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter jujur dan karakter mandiri, serta hambatan yang dialami oleh guru. Metode penelitian menggunakan deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru (B1, B2, B3). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan observasi. Data dianalisis menggunakan model analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) implementasi pendidikan karakter jujur yang dilakukan oleh guru yaitu a) memberikan pemahaman makna kejujuran, dengan cara memberikan contoh-contoh melalui sebuah cerita, b) mengambarkan media yang dapat merangsang tumbuhnya sikap jujur, c) menjaga sikap disiplin, dan d) senantiasa menjadi figur yang baik bagi anak, 2) Implementasi pendidikan karakter mandiri yang dilakukan oleh guru yaitu a) memberikan keterampilan dalam mengurus diri sendiri, b) membiarkan anak untuk mengarjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang lain, c) membuat pembiasaan yang positif, d) bertanggung jawab atas pilihannya sendiri, e) memberi kebebasan kepada anak memilih kegiatan sendiri, f) tidak bergantung pada orang lain, g) menerapkan peraturan yang ada di dalam kelas. Hambatan yang dihadapi guru antara lain kurangnya media pembelajaran dan inovasi kegiatan. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan kegiatan dan media pembelajaran dalam implementasi pendidikan karakter. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Jujur, Mandiri.