MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK MELATI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Indah Fajar, Sri, Saparahayuningsih, Yulidesni, Yulidesni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17207/1/Skripsi%20Indah%20Fajar%20Sari.pdf http://repository.unib.ac.id/17207/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Melati Kota Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di Taman Kanak-Kanak Melati Kota Bengkulu dengan subjek penelitian anak kelompok B2 yang berjumlah 26 anak terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, sedangkan teknik analisi data digunakan rata-rata dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini: 1) Proses kegiatan gerak dan lagu: anak mendengarkan lagu terlebih dahulu, lalu anak mencontoh gerakan guru, anak melakukan gerak dan lagu berulang-ulang dan anak dapat melakukan kegiatan gerak dan lagu tersebut tanpa bimbingan guru. 2) Gerak dan lagu dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak, dengan ketuntasan belajar 80,4% rata-rata keterampilan motorik kasar diperoleh hasil 4,02 (sangat tinggi). Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan bagi guru untuk menerapkan kegiatan gerak dan lagu dalam meningkatkan motorik kasar anak, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengamati keterampilan motorik kasar anak dalam gerakan berjingkat, melompat, menekuk dan merendahkan tubuh. Kata Kunci : Keterampilan Motorik Kasar, Kegiatan Gerak dan Lagu