MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE ESKPERIMEN PADA KELOMPOK B4 TK WITRI 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Yunika, Aristi, Sri, Saparahayuningsih, Mona, Ardina
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/17205/1/Skripsi%20Aristi%20Yunika.pdf
http://repository.unib.ac.id/17205/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains tentang sifat-sifat cahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains tentang sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B4 di TK Witri I Kota Bengkulu yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui observasi, dengan teknik analisis data dengan menggunakan rata-rata dan persentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini adalah: 1. Kemampuan proses sains anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara memperhatikan dengan cara memperhatikan langkah-langkah yaitu, langkah persiapan eksperimen, pelaksanaan eksperimen dan tindak lanjut eksperimen dilakukan dengan tepat 2. Melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan proses sains anak tentang sifat-sifat cahaya, dengan ketuntasan belajar kemampuan proses sains anak mencapai indikator keberhasilan 83%. Disarankan kepada peneliti berikutnya untuk dapat melakukan penelitian tentang sifat cahaya yang dapat diuraikan dengan menggunakan beberapa sumber cahaya dan menggunakan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Kata kunci: Kemampuan Sains, Sifat-sifat Cahaya, Metode Eksperimen