MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN KEJELASAN PEMILIHAN KARIR DITINJAU DARI GENDER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Handayani, Efrika, I Wayan, Dharmayana, Syahriman, Syahriman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17203/1/Skripsi_EFRIKA%20HANDAYANI.pdf http://repository.unib.ac.id/17203/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan konsep diri dan kejelasan pemilihan karir rendah menjadi konsep diri dan kejelasan pemilihan karir tinggi melalui layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak sepuluh siswa yang memiliki konsep diri dan kejelasan pemilihan karir yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri dan kejelasan pemilihan karir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri dan kejelasan pemilihan karir rendah pada siswa dapat diubah menjadi konsep diri dan kejelasan pemilihan karir tinggi setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling kelompok, terbukti dari hasil analisis data pretest dan posttest menggunakan uji Z nilai sig 2-tailed = 0.005 yang berarti p< 0,05, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri dan kejelasan pemilihan karir sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini konsep diri dan kejelasan pemilihan karir rendah dapat diubah menjadi konsep diri dan kejelasan pemilihan karir tinggi setelah pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Kata kunci : bimbingan kelompok, konsep diri,kejelasan pemilihan karir