PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KECAMATAN ARGAMAKMUR (Studi Kasus Sanggar Kegiatan Belajar Kecamatan Argamakmur)
Main Authors: | Rezky, Tiyan, Suardi, Jasma, Agus, Zainal Rachmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17132/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/17132/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran program paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Argamakmur dengan bertujuan secara umum yakni penelitian ingin mengetahui proses pembelajaran paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Argamkmur telah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan RPP, Silabus, dan Modul sebagai acuan atau sebagai penentunya jalan proses pembelajaran yang diadakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kemudian adakah hambatan-hambatan yang ada pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif mengapa menggunakan metode penelitian kualitatif karena tidak berhubungan dengan angka-angka hanya menceritakan,menggambarkan dan menelaah secara mendalam dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu menggunakan Snowball Sampling di mana sampel penelitian diambil lebih dari dua sampel meliputi tutor, penyelenggara program paket C dan untuk menambah informasi tersebut lebih akurat lagi maka peneliti menambahkan satu subjek lagi yaitu warga belajar. Untuk membuktikan keabsahan data dilakukan pengecekkan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik, tempat dan trianggulasi waktu. Data dianalisi melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa proses pembelajaran program paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses kesetaraan program paket C, yaitu pertama tergambar dari sebelum melaksanakan proses pembelajaran penyelenggara program paket C mendata warga belajar paket C yang belum tamat SMA, menentukan tutor, narasumber teknis, pembuatan RPP dan silabus, kurikulum yang digunakan dan penentuan jadawal pembelajaran. Kedua dari bidang proses pembelajaran tutor di wajibkan membuat RPP dan silabus serta penilaian untuk warga belajar dilakukan setiap selelasi melaksanakan proses pembelajaran. Ketiga di bidang evaluasi setiap melaksanakan proses pembelajaran diadakan evaluasi yakni warga belajar diberikan soal atau tugas untuk dikerjakan dalam evalusai terdapat beberapa hambatan yang ditemukan yakni warga belajar yang jarang hadir dikarenakan jarak yang jauh. Kata kunci : Paket C,Proses Pembelajaran, Kesetaraan, SKB