PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS LIFE SKILLS DALAM MENAMBAH KETERAMPILAN KERAJINAN TANGAN DI PKBM GAJAH MADA KELURAHAN BENTIRING KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU
Main Authors: | Oktariani, Selfi, Parlan, Parlan, Agus, Zainal Rachmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/17127/1/SKRIPSI%20PDF%20SELFI%20OKTARIANI.pdf http://repository.unib.ac.id/17127/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis life skills dalam menambah keterampilan kerajinan tangan di PKBM Gajah Mada Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua PKBM Gajah Mada, Tutor PKBM Gajah Mada dan warga belajar Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis studi kasus. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu, triangulasi tempat dan triangulasi teknik. Temuan hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis life skills keterampilan kerajinan tangan di PKBM Gajah Mada Kelurahan Bentiring Kecamanatan Muara Bangkahulu ini adalah dengan mempersiapkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus. Komponen perencanaan keaksaraan fungsional life skills keterampilan kerajinan tangan ini adalah kurikulum yaitu RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran), Silabus, tujuan pembelajaran, media pembelajaran, materi ajar, sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis life skills dalam menambah keterampilan kerajinan tangan di PKBM Gajah Mada adalah pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebanyak 3 kali dalam 1 minggu pada sore hari pukul 14:00 – 17:00 WIB. Persiapan dalam pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional life skills keterampilan kerajinan tangan ini adalah pertama, tutor mengidentifikasi kebutuhan warga belajar keterampilan apa yang dapat dikembangkan menjadi usaha, tutor bersama penyelenggara, Ketua bersama Tutor membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Keterampilan yang dikembangkan dalam pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis life skill dalam menambah keterampilan kerajinan tangan di PKBM Gajah Mada adalah keterampilan merangkai bunga dan membuat sovenir. Hasil evaluasi dari pembelajaran merangkai bunga rata-rata di atas 95 % warga belajar sudah mampu membuat dan merangkai bunga sendiri yang hasinya bisa digunakan untuk menambah penghasilan dari warga belajar itu sendiri dan kerja di tempat usaha kerajinan tangan dan mendapatkan hasil yang sangat bermanfaat.Kata kunci : Pembelajaran, Keaksaraan Fungsional, Life Skill dan Ketrampilan Kerajinan Tangan